Posted by : Adam Nazmul
Selasa, 04 Juni 2013
Dibawah ini adalah pembahasan
tentang dialog, yang diantaranya ada penjelasan mengenai desain dialog, dialog
style dan user interface software.
Desain Dialog
Dialog dalam arti umum adalah
percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks
perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan
sistem komputer.
Design Dialog
1.
Rangkaian dialog menggambarkan
struktur tugas.
2.
Beberapa rangkaian dialog tambahan
digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem.
3.
Rangkaian dialog diurutkan sesuai
dengan struktur tugas.
·
Prinsip yang digunakan dalam desain
dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module.
·
Biasanya user access bukan merupakan
bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru.
·
Empat hal utama dalam desain yang
harus diperhatikan dalam GUI.
·
Pemilihan dan representasi dari
conceptual metaphor.
·
Representasi dari obyek interaktif
dalam metaphor.
·
Perancangan manipulasi untuk
mengimplementasikan user action.
·
Desain micro-metaphor untuk control
action dan representasi dari commands.
Dalam mendesain dialog, diperlukan
deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.
Dialog style
·
Command Language :
· Merupakan paradigma user interface yang pertama kali.
· Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase.
· Keuntungan:
a.
Lebih cepat.
b. Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas.
c.
Perulangan.
d. Implementasi yang mudah dan hemat.
·
Tujuan :
a.
Konsistensi.
b. Penamaan dan pemberian singkatan yang baik.
c. Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan
kekurangan.
kekurangan.
·
WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons.
·
Direct Manipulation.
·
Definisi :
a. Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan.
b. Cepat,
dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat.
c. Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung
pada objek.
· Keuntungan:
a. Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula.
b. WYSIWYG
c. Fleksibel
d. Menyediakan
konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui
apakah tujuan telah tercapai.
e. Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi.
·
Kekurangan:
a. Penggunaan seluruh ruang pada layar.
b. Harus
mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar.
c. Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan.
d. Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan.
e. Tidak ada penjelasan otomatis.
f. Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu
(seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel.
User interface software
Alat Bantu User Interface:
·
Aplikasi apa yang biasa digunakan
oleh programmer untuk membuat program.
·
Kombinasi dari objek-objek interface
dan perilaku manajemen.
·
Sekarang sudah object-oriented.
·
Pustaka dari komponen-komponen
perangkat lunak dan routines yang digunakan oleh programmer:
·
Xwindows : Xtoolkit & Motif
·
Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
·
Windows : Windows Developer’s
Toolkit
·
Java : Swing
Kesimpulan
Dalam pembahasan ini, dialog adalah struktur dari percakapan antara user dan
sistem komputer. Struktur ini tentunya sangat penting dalam menggunakan
komputer karena pada hakikatnya setiap user membutuhkan kemudahan dalam
menggunakan segala sesuatunya terutama dalam menggunakan komputer, desain
dialog inilah yang membuat segala sesuatunya dapat dikatakan user friendly
dengan menggunakan dialog style sebagai penghubung antara user dengan komputer.
Sumber
:
·
http://amdturion.webs.com/