Posted by : Adam Nazmul Selasa, 04 Juni 2013



Dibawah ini saya akan membahas tentang help doc atau yang biasa disebut penanganan kesalahan, diantaranya mengenai jenis jenis kesalahan pada sebuah program atau perangkat lunak, kemudian ada petunjuk pencehagan dan perbaikan kesalahan, dan yang terakhir ada jenis dokumen & alat bantu.

Jenis jenis kesalahan / tipe tipe kesalahan
A.       Tipe-tipe Kesalahan (Errors):
·    Kesalahan Persepsi
·    Kesalahan Kognitif
·    Kesalahan Motor (Gerak)
B.      Tipe-tipe Slip:
·         Kesalahan Capture
·         Kesalahan Deskripsi
·         Kesalahan Data Driven
·         Pengaktifan Asosiatif
·         Hilangnya Pengaktifan
·         Kesalahan Mode

Petunjuk pencegahan kesalahan

a.       Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
b.      Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
c.       Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
d.      Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
e.      Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
f.        Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
g.       Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

Petunjuk memperbaiki kesalahan

a.       Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
b.      Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
c.       Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
d.      Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
e.      Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
f.        Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
g.       Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
h.      Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

Jenis dokumen dan alat bantu

a.       Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
b.      Sistem sederhana _ user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
c.       Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

Jenis-jenis Bantuan:

a.       Tutorial
b.      Review/Referensi yang cepat
c.       Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
d.      Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas).

Kesimpulan
                Perlu kita ketahui dahulu, dalam membuat sebuah program atau perangkat lunak harus melalui prosedur prosedur positif yang sifatnya dapat membangun. Salah satu contoh yaitu dengan membuat help doc atau biasa disebut dengan penanganan kesalahan, untuk dapat membuatnya pembuat harus mengenali program atau perangkat lunak yang dibuat agar mengetahui jenis jenis kesalahan yang mungkin terjadi pada program atau perangkat lunak. Kemudian dengan uji coba dari program atau perangkat lunak yang dibuat dapat menghasilkan alat yang sifatnya dapat membantu pengguna agar keluar dari kesalah tersebut tentunya pekerjaan ini membutuhkan waktu untuk menganalisa setiap kesalahan kesalahan yang menjadi kekurangan dari program atau perangkat lunak yang telah dibuat.



Sumber :
  •  http://agtienramadhan.blogspot.com/2013/05/penanganan-kesalahan-help-documentation.html 






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kin (Adam Nazmul) - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -