Posted by : Adam Nazmul
Selasa, 04 Juni 2013
Dibawah
ini saya akan membahas tentang help doc atau yang biasa disebut penanganan
kesalahan, diantaranya mengenai jenis jenis kesalahan pada sebuah program atau
perangkat lunak, kemudian ada petunjuk pencehagan dan perbaikan kesalahan, dan
yang terakhir ada jenis dokumen & alat bantu.
Jenis jenis kesalahan / tipe tipe
kesalahan
A.
Tipe-tipe Kesalahan (Errors):
·
Kesalahan Persepsi
·
Kesalahan Kognitif
·
Kesalahan Motor (Gerak)
B.
Tipe-tipe Slip:
·
Kesalahan Capture
·
Kesalahan Deskripsi
·
Kesalahan Data Driven
·
Pengaktifan Asosiatif
·
Hilangnya Pengaktifan
·
Kesalahan Mode
Petunjuk
pencegahan kesalahan
a. Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat
untuk mode-mode tersebut.
b. Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
c. Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
d. Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
e. Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
f. Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
g. Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan
oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
Petunjuk
memperbaiki kesalahan
a. Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
b. Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian
melegalkan tindakan yang salah.
c. Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang
sedang berjalan.
d. Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat
merusak.
e. Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
f. Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk
melakukan perbaikan.
g. Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
h. Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk
konteks-sensitif.
Jenis
dokumen dan alat bantu
a. Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik,
tetapi penting.
b. Sistem sederhana _ user memanggil dan menggunakannya,
berikan nama.
c. Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan
help/bantuan.
Jenis-jenis
Bantuan:
a.
Tutorial
b.
Review/Referensi yang cepat
c.
Manual Referensi (Penjelasan
lengkap)
d.
Bantuan untuk context-sensitive
(spesifikasi tugas).
Kesimpulan
Perlu kita ketahui dahulu, dalam
membuat sebuah program atau perangkat lunak harus melalui prosedur prosedur
positif yang sifatnya dapat membangun. Salah satu contoh yaitu dengan membuat
help doc atau biasa disebut dengan penanganan kesalahan, untuk dapat membuatnya
pembuat harus mengenali program atau perangkat lunak yang dibuat agar
mengetahui jenis jenis kesalahan yang mungkin terjadi pada program atau
perangkat lunak. Kemudian dengan uji coba dari program atau perangkat lunak
yang dibuat dapat menghasilkan alat yang sifatnya dapat membantu pengguna agar
keluar dari kesalah tersebut tentunya pekerjaan ini membutuhkan waktu untuk
menganalisa setiap kesalahan kesalahan yang menjadi kekurangan dari program
atau perangkat lunak yang telah dibuat.
Sumber :
- http://agtienramadhan.blogspot.com/2013/05/penanganan-kesalahan-help-documentation.html