Posted by : Adam Nazmul Rabu, 02 November 2011


NAMA: ADAM NAZMULMUTTAKIN
KELAS: 1KB06
NPM: 20111104

Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, atau sedang mencari pekerja, atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan.
Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah tenaga kerja yang  tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang diberikan. Pengangguran seringkali menjadi masalah sosial dalam perekonomian negara, karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat dan negara akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah- masalah sosial lainnya.
Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada, sehingga menyebabkan sipenganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya, yang mungkin dapat menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraannya. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap sipenganggur dan keluarganya.
Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik, keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.  Akibat jangka panjang akan mengakibatkan menurunnya  pendapatan per kapita suatu negara.
Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang sangat  memprihatinkan, banyaknya jumlah pengangur yang ada dapat menimbulkan masalah di keluarga dan masyarakat, seperti  menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat,  sumber utama kemiskinan, dan dapat mendorong peningkatan keresahan sosial dan kriminal, dan dapat juga menghambat pembangunan dalam jangka panjang.
Pembangunan bangsa Indonesia pada dasarnya sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia yang mempunyai ketrampilan dan keahlian dalam bekerja, sehingga seseorang dapat memiliki pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidup, kesehatan, dan pendidikan anggota keluarganya.   
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari materi di atas adalah, pengangguran masih menjadi masalah yang lawas, dan masih menjadi masalah yang sangat di bicarakan oleh pemerintah, untuk mengurai masalah, dan memberikan solusi yang tepat agar rakyat menjadi makmur dan bahagia. Banyaknya gedung-gedung besar bukan lah pemecahan masalah, tapi malah menambah masalah bagi masyarakat, karena minimnya kemampuan yang dimiliki masyarakat, sehingga membuat penganggur selalu di tolak di setiap perusahaan, dan membuat sengsara keluarga si penganggur.


Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah penganguran di indonesia ini adalah dengan cara Kebijakan Pemerintah Pusat dengan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atau pemerintah Kota yang merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk penciptaan dan perluasan kesempatan kerja. seperti memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat, membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat, memberikan pinjaman modal dengan suku bunga yang rendah agar masyarakat bisa membuka lapangan pekerjaan atau usaha kecil-kecilan, membuat koperasi, memberi kesempatan kepada generasi muda untuk berkarya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Kin (Adam Nazmul) - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -