Posted by : Adam Nazmul Rabu, 02 November 2011


NAMA: ADAM NAZMULMUTTAKIN
KELAS: 1KB06
NPM: 20111104

Masalah pendidikan di indonesia, memang masih menjadi masalah yang sampai saat ini masih menjadi topik hangat bagi pemerintah dalam memberantas kebodohan di negeri ini, banyaknya masyarakat yang buta huruf, juga menjadi masalah pendidikan di negeri ini, kemiskinsn pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di negeri ini.
Pemerintah pun telah banyak mengeluarkan berbegai macam cara, mau solusi telah di keluarkan oleh pemerintah  untuk menanggulani masalah ini. Di antaranya BOS(bantuan operasional sekolah) untuk sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, wajib sekolah sembilan tahun, beasiswa kepada siswa tidak mampu, beasiswa kepada siswa berprestasi, sekolah geratis, perpustakaan keliling sebagai penunjang  pelajar, dan banyak sekali solusi pemerintah yang telah dilakukan untuk menanggulaangi masalah ini.
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan dengan data UNESCO tahun 2000 tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia semakin menurun.
Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.
Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.
Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu Rendahnya sarana fisik, Rendahnya kualitas guru, Rendahnya kesejahteraan guru, Rendahnya prestasi siswa, Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,  Mahalnya biaya pendidikan, minimnya sekolah di pedalaman, jarak yang jauh untuk mencapai sekolah, banyaknya warga yang kurang mampu, dan lain-lain.


Kesimpulan yang dapat kita ambil dari masalah ini adalah, ternyata pendidikan indonesia masih memprihatinkan, dan pendidikan masih dan hanya orang-orang yang mempunyai uang lebih. Pendidikan indonesia juga masihtertinggal dan terbelakang dibandingkan dengan negara tetangga, rendahnya kesejahteraan guru membuat seseorang enggan untuk menjadi guru, minimnya akses untuk menjangkau daerah di pedalaman, sehingga membuat anak-anak pedalaman masih tidak mampu untuk bersekolah.

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pemerataan dan kualitas pendidikan di indonesia adalah dengan cara, memberikan dana APBD daerah atau pun APBD negara untuk membuat sekolah baik di kota, daerah, maupun di pedalaman,  berikan bantuan kepada warga yang kurang mampu, memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi, memberikan kesejahteraan kepada seorang guru, mengirimkan tenaga pengajar yang berkualitas ke daerah pelosok dan pedalaman, memberikan kesempatan kepada siswa/i untuk mengikuti olympiade, di ringankannya biaya pendidikan, dan lain-lain.
Semua solusi di atas bertujuan untuk memberikan suport untuk pemerintah, guru, dan murid, agar dapat bersekolah, dan dapat mencerdaskan rakyat indonesia, agar pendidikan di indonesia tidak tertinggal dengan negara-negara tetangga lainnya, dan dapat menunjukan kepada dunia kalau pendidikan di indonesia baik dan layak untuk di pertimbangkan, dan dapat mengalahkan pendidikan di negara tetangga. Karena selama ini kualitas dan pemerataan pendidikan di indonesia dari tahun ke tahun selalu menurun. Kita pun tidak ingin pendidikan di negara kita ini menjadi terpuruk selamanya.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Salam dari Bali! Rasanya bosan setengah mati di tempat kerja jadi saya putuskan untuk browsing dan menemukan blog Anda pada iphone saya selama istirahat makan siang. Saya suka informasi yang Anda berikan di sini dan tentunya akan berkunjung kembali untuk melihat lebih banyak melalui PC setelah sampai dirumah. Saya cukup terkejut melihat kecepatan loading blog Anda pada ponsel saya .. Padahal saya tidak menggunakan WIFI atau 3G hanya EDGE saja .. Emang blog ini luar biasa!

    Salam Dede Wiweka

    BalasHapus
  2. iya cepet banget, nggak loading ketika buka blog ini :D

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Kin (Adam Nazmul) - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -