Posted by : Adam Nazmul Minggu, 04 Desember 2011

Siman Sudartawa, Atlet Sea Games Terhebat Itu Seorang Remaja
“Manusia terhebat bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja keras, disiplin dan tanpa mengeluh. Manusia hebat  tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi”
I Gede Siman Sudartawa tampaknya akan menjadi bintang Sea Games tahun 2011 ini yang paling hebat. Selain meraih 4 medali emas , Siman juga memecah sebuah rekor Sea Games. Siman adalah perenang Indonesia kedua yang berhasil mengumpulkan empat emas dalam satu kali SEA Games, setelah Wisnu Wardana menciptakannya pada SEA Games 1993.  Kehebatan dan kecepatan Siman meningkat karena mulai dilatih memakai sport science atau pelatihan olahraga berbasis ilmu pengetahuan. Selain bakat yang luarbiasa, keberhasilan Siman juga didukung ketekunan dan kerja keras, Siman selalu berlatih sangat disiplin tanpa pernah mengeluh meski bebannya sangat berat.  Siman juga secara mengesankan mengungguli rekan seniornya Glenn Victor Sutanto, dan andalan Singapura, Zheng Wen Quah.
Remaja yang terlihat polos itu pun tanpa beban mengaku keberhasilan ini berkat bimbingan Albert, yang melatih dan menampungnya. “Saya ketika itu belum cukup persyaratan, pelatih saya Albert yang menampung. Dia melatih saya bukan seperti murid, tetapi seperti sahabat dan adiknya sendiri. Saya sangat berterimakasih kepadanya,” jelas Siman.
Siman juga memecahkan 2 rekor Sea Games sekaligus. Pada 100 meter gaya punggung adalah 55,59 detik, ia memecahkan rekor SEA Games. Rekor sebelumnya, 56,16 detik, atas nama Lim Keng Liat tercipta saat Siman masih berusia enam tahun atau pada 11 September 2001. Siman juga menciptakan satu rekor baru SEA Games pada nomor 50 meter gaya punggung putra. Itu karena nomor 50 meter gaya punggung putra baru pertama kali ini digelar dalam SEA Games.
Pada Kejuaraan Renang Singapura Terbuka 2011 ia meraih emas pada nomor 100 meter punggung putra dengan catatan waktu 55,99 detik. Catatan waktu itu dipertajam lagi menjadi 55,59 detik pada SEA Games ini.
Karena kesibukannya Siman saat ini melakukan  home schooling di Jakarta. Sistem ini diambilnya agar pendidikan dan latihan renang dapat berjalan seiring.”Saya bahagia dapat merebut emas keempat sekaligus memecahkan dan mencetak rekor SEA Games. Semua ini karena dukungan orangtua, pelatih, dan masyarakat,” kata Siman. Dukungan orangtua dan pelatih amat berperan baginya. Siman kecil memulai latihan renang sejak berusia enam tahun. Anak tunggal pasangan Ketut Sudartawa dan I Made Sri Karmini diajari untuk mengerjakan segala sesuatu dengan bersungguh- sungguh. Dia mesti berusaha menjadi yang terbaik, termasuk dalam renang.


setelah saya melihat dan membaca kutipan artikel di atas, kita dapat melihat semangat dari pada pemuda-pemudi indonesia yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara, hal ini dapat terlihat pada kutipan artikel diatas, yaitu seorang atlet renang asal bali yang mampu meraih empat medali emas, bahkan ia mampu menyabet dua rekor dunia sekaligus dalam cabang renang di kejuaraan sea games ke xxvi  yang baru pertama kalinya ia jalani, bukan hal yang mudah untuk meraih gelar juara itu, tapi itulah semangat peran pemuda yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara, walaupun umur mereka masih muda tapi mereka bersedia membela negara, walaupun memang banyak waktu mereka yang tersita di masa mudanya hanya untuk berlatih, tapi itu terbalaskan dengan raihan juara yang dapat membuat senang dan bangga bagi  kedua orang tuanya, masyarakat, dan negara. Itulah contoh peran pemuda dalam masyarakat yang patut kita tiru, itulah semangat yang harus tertanam dalam diri kita agar kita termotivasi untuk mempu membuat bangga dan senang kedua orang tua, dan masyarakat, bila kita mampu mungkin kita bisa seperti mereka, yaitu dapat mengharumkan nama bangsa dan negara, walaupun kita bukanlah seorang atlet, tapi kita bisa membuat bangga orang tua kita, masyarakat, bahkan negara dengan bidang dan keahlian kita sendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kin (Adam Nazmul) - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -