Posted by : Adam Nazmul Senin, 28 Oktober 2013



Pada tullisan kali ini saya memilih judul Capung. Mengapa saya akan membahas tentang capung, sebab capung adalah serangga yang sangat indah dan setiap jenisnya memiliki warna yang berbeda-beda sehingga sangat cantik bila dijadikan sebagai objek fotographi. Baiklah langsung saja.

Capung merupakan serangga dari kelas Ordo Odonata. Serangga yang satu ini di kabarkan telah ada pada saat jaman purba, mereka telah ada sejak 300 juta tahun yang lalu. Fosil yang telah ditemukan memiliki ukuran sayap hingga 3 meter. Serangga yang satu ini mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan lingkungan. Serangga ini bisa menjadi indikator lingkungan di sungai, karena capung hidup dan berkembang biak tidak jauh dari air. Maka dari itu capung selau mencari sungai yang jernih dan tidak tercemar.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Capung. Yang akan saya bahas disini adalah pengalaman saya dengan serangga yang satu ini. Capung sangat identik dengan datangnya musim gugur. Pada 15 tahun yang lalu Capung mudah sekali kita jumpai di sekitar halaman rumah kita, kita sering menangkapnya dan melepaskannya kembali. Namun berbeda dengan sekarang keberadaan serangga ini mulai sulit untuk di temui. Karena faktanya sekarang sudah sulit lagi mencari ruang terbuka hijau seperti taman, dan lainnya, sungai yang kotor karena limbah rumah tangga, dan limbah pabrik, lalu padatnya pemukiman, dan tingkat polusi yang sangat tinggi. Mungkin faktor inilah yang memungkinkan sulitnya kita menemui serangga ini. Padahal serangga ini berfungsi sebagai indikator dalam kehidupan lingkungan. Mungkinkah lingkungan yang kita tempati telah tercemar sehingga serangga ini enggan singgah, ataukah populasi serangga ini yang semakin sedikit dan terancam punah, karena dikabarkan kalau serangga ini populasinya di dunia mulai berkurang karena pencemaran lingkungan, dan dampak dari pemanasan global. Mari bersama-sama kita jaga lingkungan tempat tinggal kita dari polusi lingkungan dan efek pemanasan global agar serangga ini bisa kita lihat lagi, dan bisa dilihat oleh generasi selanjutnya. Cara untuk menjaga lingkungan sangatlah mudah, kita mulai dari hal termudah dahulu , seperti niat diri sendiri untuk tidak mencemari lingkungan tempat tinggal kita, tidak membuang sampah sembarangan, dan lainnya.

Sekian tulisan ini saya buat untuk kita sadari kalau kita harus menjaga linkungan tempat tinggal kita, agar terbebas dari pencemaran lingkungan, dan efek pemanasan global. Agar kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah yang di hiasi oleh tumbuhan, hewan, serta serangga yang indah. Marilah kita jaga bumi kita dan isinya agar tidak punah, hingga generasi yang akan datang dapat melihat flora dan fauna yang sangat indah dan beragam.

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Kin (Adam Nazmul) - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -